Untuk Sementara Blog ini ditutup Untuk Perbaikan
Cara Miras

Senin, 10 Juli 2017

10 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Sulawesi Selatan

Halo Para Sobat, kali ini saya memberi tahukan Tempat Wisata di Sulawesi Selatan, dimana Sulawesi Selatan Akan Haus dengan wisata yang Keren, Sebut saja kotanya Makassar pasti para Sobat tidak tidak asing lagi dengan nama itu dimana tempat wisatanya ialah Pantai Losari. dimana tempat ini cocok sekali dengan suasana hati, akan tetapi Pantai Losari tidak termasuk daftar nama wisata yang akan saya sebutkan disini, Baik Langsung saja.

Tempat Wisata di sulawesi selatan
Tempat Wisata Sulawesi Selatan
Berikut Pemaparannya.

1. Taman Nasional Bantimurung.

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
Taman Bantimurung terletak di Sulawesi Selatan, dengan luas 43.750 Ha. Secara administrasi pemerintaha, kawasan taman nasional ini terletak di wilayah kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep (Kepulauan Pangkajene). Secara letak geografis areal ini terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan. Secara kewilayahan, batas Taman Bantimurung, Sebelah Utara berbatasan dengan kabuptane Pangkep, Barru dan Bone, di Bagian Sebelah Timur Perbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan kabupaten Maros dan Sebelah baratnya Lagi berbatasan dengan kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Taman nasional ini ditunjuk sebagai kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan keputusan Menteri kehutanan. Pada tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini taman Nasional Bantimurung dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

2. Rammang - Rammang


Rammang - Rammang
Rammang - Rammang (Maros)
Nah tidak jauh bergeser dari Taman Nasional Bantimurung Muncullah tempat wisata lagi yaitu Rammang-Rammang, Saya kutip dari wikipedia Rammang-Rammang adalah tempat di gugusan karst (kapur) Maros-Pangkep. Letaknya di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 km di sebelah utara dari kota Makassar.

Untuk bisa pergi ke Rammang-Rammang kita dapat menumpuh jalur darat menggunakan motor kira-kira sekitar 30 menit dari Taman Nasional Bantimurung dan kurang lebih 2 jam dai kota Makassar. Untuk menumpuh tempat ini sangatlah mudah karena dia terletak hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.

Nama Rammang-Rammang sendiri sebenarnya berasal dari kata Makassar sendiri dimana rammang yang berarti awan atau bisa disebut kabut, jadi jika cocologikan ramman-rammang berarti sekumpulan awan atau kabut. Mengapa demikian diberi nama begitu karna penduduk setempat selalu melihat kabut yang turun, apalagi dipagi hari atau setelah hujan.

Tempat wisata yang dimiliki rammang-rammang ialah hutan batu kapur, telaga bidadari, gua bulu barakka, gua telapak tangan, gua pasaung, sungai pute, dan kampung berua. Luas wisata dari rammang-rammang sendiri 45 000 hektar (45à km²) dan salah satu kawasan karst terbesar ketiga di dunia, Shilin di Tiongkok dan Tsingy di Madagaskar.

3. Kete Kesu


kete kesu
Kete Kesu - Toraja

Kete Kesu suatu wisata di kawasan Tana Toraja yang sangat dikenal karna adat dan kehidupan yang tradisional masyarakat yang ramah dan mudah untuk ditemukan di kawasan ini. tempat wisata yang ada di kete kesu ialah peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan para arkeologi berusia sekitar 500 tahun yang lalu, kuburan itu menyurapai sampan atau perahu dan banyak tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. kuburan disana tergelanung di tebing gua. Selain itu, disana juga terlihat kuburan megah milik bangsawan kerajaan yang telah meninggal dunia.

Kete kesu sendiri terletak 4 km di bagian tenggara Rantepao, Kete kesu terdiri dari padang rumput dan padi yang mengelilingi rumah adat Tana Toraja, yaitu Tongkonan To Toraja.

4. Tanjung Bira


Tanjung Bira Bulukumba
Tanjung Bira - Bulukumba
Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi pada pantai ini, yang suka keliling Indonesia trus nggak sempat untuk melihat pemandangan indah dari pantai rugilah hidupnya, yah pantai ini adalah Pantai Tanjung Bira dimana pantai ini terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 50 KM dari kota Bulukumba, untuk menempuh tempat ini cukup menggunakan kendaran Roda empat atau roda dua karna fasilitas jalan kesana sangat bagus untuk seluruh kendaraan, dimana untuk menuju kesana kita sudah disapa dengan keindahan alamnya.

5. Taman Nasional Taka Bonerate


Taman Nasional Taka Bonerate
Taka Bonerate - Kepulauan Selayar
Taman Nasional Taka Bonerate, taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas wilayah yang dimiliki sekiran total dari atol ini 220.200 hektare, wah cukup luas yah, dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km. Dimana kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pada tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam ulang tahun kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate sebelumnya itu disebut dengan nama TakaBonerate Island Expedition (TIE).


Di tempat ini sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata lainnya, karna Ada sebanyak lima belas buah pulau di dalam Taman Taka Bonerate.

6. Puncak Karomba


puncak karomba
Puncak Karomba - Kabupaten Pinrang
Objek Wisata Karomba merupakan kawasan pegunungan yang ada di Kabupaten Pinrang. Tempat Puncak Karomba sendiri searah jalan ke PLTA Bakaru, di dusun karomba, Kecamatang Lembang, Kabupaten Pinrang. Luas dari wisata ini sekitaran 80 hektare dan berada di ketinggian 1.200 mdpl. Puncak di karomba sendiri maka kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah, tapi sayangnya untuk sampai di tempat ini, harus melalui jalan mendaki yang aspalnya mempunyai banyak lubang.

7. Hutan Pinus

huan pinus malino
Hutan Pinus - Malino
Objek wisata Hutan Pinus. Hutan pinus ini sebagai objek wisata yang alami. Di Malindo ini kita akan dapat menemui hutan pinus tinggi yang berjajar di antara bukit dan juga lembah. Di sekitar hutan pinus ini terdapat jalan menanjak yang berkelok- kelok yang melintas di antara deretan pegunungan dan juga lembah. Jika dilihat dari kejauhan maka pemandngan ini akan terlihat indah seperti lukisan alam yang sangat indah. Jalanan yang seperti ini akan kita lewati saat mengantarkan kita menuju ke kota Malino ini. Kawasan ini sangat terkenal sebagai kawasan rekreasi alam sejak dahulu, bahkan ketika di zaman penjajahan Belanda. Objek wisata di Malino ini terletak di ketinggian 1.500 meter.

Selain terdapat pohon pinus, di sini juga banyak terdapat beberapa tumbuhan yang menjadi peninggalan Belanda yang terbilang langka, seperti Edelweis, Pohon Turi yang bunganya berwarna orange, dan juga ada tanaman bunga Masamba yang warna bunganya berubah- ubah setiap bulannya. Di sekitar kawasan ini juga ditemui beberapa objek wisata lain seperti Kebun Buah Markisa yang juga penghasil dari minuman khas Malino yakni jus buah markisa. Selain itu juga ada pemandian Lembah Biru, Perkebunan Teh, dan juga Kebun Tanaman Hortikultura. Kawasan wisata ini berada di sebelah selatan kota Makassar, lebih tepatnya di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Atau berada di sekitar radius 70 kilometer dari kota Sungguminasa dan 90 kilometer dari kota Makassar.

8. Danau Tempe

Danau tempe
Danau Tempe - Wajo
Danau Tempe yang terletak di bagian barat Kabupaten Wajo ini disebut sebagai penghasil Ikan Tawar Terbesar di Dunia. Di atas danau, ada banyak rumah apung milik nelayan setempat dengan jala-jala yang digunakan untuk menangkap ikan. Di tempat wisata ini, Anda bisa memancing atau berkeliling dengan meyewa perahu nelayan. Selain itu, Anda juga bisa membeli ikan segar dan juga sayuran yang ditanam di sekitar danau. Setiap tanggal 23 Agustus, di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng. Kepala nelayan akan menyembelih seekor sapi, setelah itu akan ada banyak pertunjukan Seni dan Budaya serta berbagai lomba.

9. Permandian Air Panas Lejja

Permandian Air Panas Lejja
Permandian Air Panas Lejja - Soppeng
Pemandian Air Panas Lejja ini terletak di kawasan hutan lindung di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandangan sekitar kolam pemandian sangat indah dengan banyak pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk. Ada juga gazebo yang disewakan dengan tarif 50.000 Rupiah per dua jam. Di tempat wisata ini, terdapat lima buah kolam dengan kedalaman dan ukuran suhu yang beragam. Suhu terpanas dari sumber air ini adalah 60 derajat Celcius. Air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik karena kandungan belerangnya.

10. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Di dalamnya, terdapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 19:00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional, Trans Studio Makassar buka sampai dengan pukul 21:00. dan tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga.

Nah itulah tadi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang dapat saya bagikan, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan, Tapi saya hanya membagikan tempat wisata yang paling Populer, Sekian dan Terima Kasih.