Untuk Sementara Blog ini ditutup Untuk Perbaikan
Cara Miras

Rabu, 12 Juli 2017

Motivasi

Motivasi Wirausaha - di dalam berwirausaha atau sedang menuju untuk menjadi wirausaha kadang kita perlu motivasi yang tinngi untuk mencapai itu semua, akan tetapi, ada juga yang sudah menjadi wirausaha tetapi usahanya drop atau bangkrut, dan semua itu kita harus mempunyai motivasi, nah pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa motivasi untuk kalian yang bisa kalian ambil hikmahnya untuk dijadikan motivasi, akan tetapi motivasi ini berguna juga untuk semua apa atau apa saja yang dibutuhkan untuk memotivasi diri kalian.

Motivasi Wirausaha
Motivasi - Bugis Makassar
Berikut Pemaparannya.

Pengertian Motivasi

Asal Kata Motivasi - Berasal dari kata motif yang berarti sesuatu yang menggerakkan manusia untuk bertingkah laku dan berbuat dengan tujuan tertentu.

Secara Umum Motivasi - adalah suatu kekuatan yang dihasilkan dari keinginan seorang untuk memenuhi kebutuhannya misalnya, rasa haus, lapar, dll.

Teori Motivasi Klasik

Teori motivasi klasik biasa disebut teori kebutuhan tunggal. Ini dikemukakan oleh Federick W. Taylor. Menurut teori ini Motivasi para pekerja hanya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasanbiologis saja. Kebutuhan Kebutuhan biologis adalah kebutuhan kebutuhan yang diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup seseorang. Kebutuhan dan kepuasan biologis ini akan terpenuhi, jika gaji atau upah (uang atau barang) yang diberikan cukup besar. Jadi jika gaji atau upah karyawan dinaikan maka semangat bekerja mereka akan meningkat.

Maslow’s Need Hierarchy Theory

Maslow’s Need Hierarchy Theory atau Theory of Human Motivation, dikemukakan oleh A.H. Maslow tahun 1943. Teori ini merupakan kelanjutan dari “Human Science Theory” yang menyatakan bahwa kebutuhan dan kepuasasn seseorang itu jamak yaitu kebutuhan biologis dan psikologis berupa materil dan non materiil.

Dasar Maslow’S Need Hierarchy Theory

Manusia adalah makhluk sosial yang berkeinginan. Ia selalu inginkan lebih banyak. keinginan ini terus-menerus, baru berhenti jika akhir hayatnya tiba.

Suatu kebutuhan yang telah dipuaskan tidak menjadi alat motivasi bagi pelakunya: hanya kebutuhan yang belum terpenuhi yang menjadi alat motivasi.

Kebutuhan Manusia bertingkat-tingkat sebagai berikut:
  • Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis)
  • Safety and Security Needs (Keselamatan dan keamanan)
  • Affiliation or acceptance Needs (Kebutuhan Afiliasi atau Penerimaan)
  • Esteem or Status Need (Esteem atau Status Need)
  • Self Actualization (Aktualisasi diri)
Motivasi Wirausaha
Theory Tingkat Kebutuhan - Bugis Makassar
Herzberg's Two Factors Mutivation Theory

Menurut teori ini motivasi ideal yang dapat merangsang usaha adalah peluang untuk melaksanakan tugas yang lebih membutuhkan keahlian dan peluang untuk mengembangkan kemampuan.

Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam memotivasi bawahan menurut herzberg:
  1. Hal-hal yang mendorong karyawan adalah pekerjaan yang menantang yang mencakup perasaan untuk berprestasi, bertanggung jawab, kemajuan dapat menikmati pekerjaan itu sendiri dan adanya pengakuan atas semuanya itu.
  2. Ha-hal yang mengecewakan karyawan adalah terutama faktor yang bersifat embel-embel saja pada pekerjaan, peraturan pekerjaan, penerangan, istirahat, jabatan, hak, gaji, tunjangan, dll.
  3. Karyawan kecewa, jika peluang untuk berprestasi terbatas.

Teori X dan Y (Douglas Mc. Gregor)

Teori X
Teori ini memaparkan bahwa untuk memotivasi harus dilakukan dengan cara yang ketat, dipaksa dan diarahkan supaya mereka mau bekerja secara sungguh-sungguh. Jenis motivasi yang diterapkan adalah cenderung pada motivasi yang negatif yakni dengan menerapkan hukuman yang tegas sehingga tipe kepemimpinan teori X adalah otoriter.

Teori Y
Teori ini memaprkan bahwa untuk memotivasi karyawan hendaknya lakukan dengan cara peningkatan partisipasi karyawan,serta kerjasama dan keterikatan pada keputusan. Tegasnya dedikasi dan partisipasi akan lebih menjamin tercapainya sasaran.

Teori Prestasi (Achievement Theory) dari Mc. Clelland

Teori ini berusaha menjelaskan tingkah laku yang berorientasi kepada prestasi yang didefinisikan sebagai tingkah laku yang diarahkan terhadap tercapainya standard of exellent.

Menurut teori ini seseorang yang mempunyai kebutuhan akan keberhasilan (need for achievement) yang tinggi selalu mempunyai pola pikir tertentu ketika ia merencanakan untuk melaksanakan sesuatu, selalu mempertimbangkan apakah pekerjaan yang akan dilakukan itu cukup menantang atau tidak.

Nah Untuk kalian yang ingin mempunyai materi ini silahkan download dibawah ini tidak usah Copy Paste Orang lain, jangan Menklaim milik orang lain Cezz.



Nah itulah tadi pemaparan Materi dari saya mengenai Motivasi Seorang Wirausaha atau Kewirausahaan, jika ada beberapa artikel yang kurang dimengerti silahkan bertanya di Via Contact yang telah disediakan atau sertakan Comentar anda dibawah ini, Terimakasih.